Sun. Jun 20th, 2021

3 Cara Berjualan Online Agar Cepat Laku – Perkembangan teknologi membuat banyak perubahan, salah satunya yaitu dalam bidang perdagangan, Berkat bantuan dari Internet kini masyarakat Indonesia sangat terbantukan, karena internet mampu memberikan kemudahan dan efesiensi waktu dalam pengerjaannya. Misalkan dalam berbisnis, ingin membangun brand baru lalu menjual produknya sendiri, tidak perlu memiliki toko sendiri. Karena di web telah ada toko yang lebih efektif, yaitu ecommerce. Di Indonesia sendiri, bisnis online sudah sangat menjamur dengan bantuan munculnya market place dan juga ecommerce, bisnis online dapat berkembang pesat di era sekarang para industri Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sangat mengandalkan bisnis online ini.

Artikel kali ini akan membahas bagaimana cara berjualan online agar cepat laku dari seorang penjual online yang sudah sukses yaitu Yudha.

Yudha adalah seorang karyawan disalah satu perusahan swasta, selain itu Yudha memiliki perkerjaan sampingan sebagai penjual online. Sebagai penjual online Yudha memiliki omset penjualan cukup tinggi, dalam sebulan omset yang bisa ia dapat sekitar Rp 10.000.000 (Sepuluh Juta Rupiah).

Naah, kali ini Yudha akan berbagi 3 cara yang ia lakukan agar produk yang ia jual melalui online cepat laku terjual.

Berikut 3 cara yang dilakukan oleh Yudha :

1. Tentukan produk yang ingin kamu jual.

Jika kamu ingin memulai sebuah usaha, kamu harus dapat menemukan produk yang akan kamu jual. Pastikan produk yang akan kamu jual memiliki kualitas yang baik dengan harga modal yang tidak besar, sehingga kamu akan mendapatkan keuntungan dari penjualan produk tersebut.

2. Jual produk yang diinginkan oleh pembeli atau konsumen.

Setelah kamu menemukan sebuah produk yang ingin kamu jual, pastikan produk tersebut merupakan produk yang sedang laris dipasaran, untuk mendapatkan hal tersebut kamu perlu melakukan riset pasar, hal ini bisa kamu lakukan dengan melihat produk apa yang sedang laris di marketplace besar seperti tokopedia, bukalapak, Shopee.

3. Jual produk yang bisa memecahkan permasalahan.

Di point terakhir ini sangatlah penting, kamu harus bisa menemukan produk yang memang bermanfaat sehinga dapat memecahkan masalah banyak orang. Jika produk kamu sangat bermanfaat, kemungkinan besar pembeli akan mencari produk yang akan kamu jual.

Menurut Yudha ke 3 cara diatas harus dilakukan secara benar jika ingin produk yang kamu jual dapat cepat laku keras. Dalam menjalankan usahanya Yudha selalu menerapkan metode riset ia tidak pernah berasumsi yang tidak berdasarkan riset. Riset yang biasa dilakukan adalah dengan melakukan riset produk dan riset pasar

Yudha akan memberikan contoh agar produk yang kamu jual laris dipasar, berikut gambaran contoh yang Yudha berikan. Awalnya Yudha sangat bingung dalam menentukan bisnisnya, Yudha memiliki ide bisnis buku, property, dan kosmetik, Yudha harus memilih 1 dari 3 ide bisnis yang dia punya.

Setelah berpikir panjang Yudha lebih memilih usaha kosmetik, karena jika Yudha memilih usaha buku menurut riset yang ia lakukan usaha buku memiliki pasar yang sempit, hanya mereka yang suka membaca buku akan tertarik membeli buku selain itu minat baca masyarakat Indonesia sendiri masih tergolong kecil.

kenapa Yudha juga tidak memilih usaha property karena usaha jenis ini sangat membutuhkan modal yang sangat besar, selain itu usaha ini pun perkembanganya butuh waktu yang sangat lama dikarenakan seorang yang sudah memiliki rumah tidak mungkin akan membeli rumah lagi.

Akhirnya Yudha memutuskan untuk memilih usaha kosmetik dikarenakan usaha kosmetik tidak perlu memilik modal yang terlalu besar, usaha kosmetik pun memiliki pasar yang luas, selain itu Yudha pun bisa mencoba banyak produk kosmetik setiap bulannya.

Misalkan dibulan pertama Yudha menjual Bedak dan di bulan kedua Yudha mencoba menjual lipstick Yudha dapat membandingkan kedua produk kosmetiknya mana yang lebih menguntungkan.

Setelah membaca artikel ini semoga pembaca dapat mencontoh apa yang telah dilakukan Yudha berkat usaha dan mindset yang baik Yudha dapat berkembang menjadi pengusaha online yang sukses.