Sun. Jun 20th, 2021

bumbu masak

Olahan masakan dengan bumbu rempah khas Nusantara memang memiliki rasa yang khas. Aroma yang dihasilkan pun akan lebih kuat, dan rasanya juga akan bertambah lezat. Dari sekian banyaknya rempah yang digunakan untuk bumbu masak, berikut ini yang harus ada di dapur anda.

 

5 Bumbu Masak yang Wajib Ada di Dapur Anda

 

  1. Bawang Putih

Salah satu bahan untuk menambah kelezatan makanan adalah bawang putih. Rasa gurih yang dihasilkan, dapat menjadi pengganti garam saat stok di dapur sedang menipis. Selain itu, ada manfaat lain dari bawang putih saat digunakan untuk campuran bumbu.

Cara terbaik menggunakan bawang putih pada bumbu masakan adalah menumisnya dengan api yang kecil. Hal ini dilakukan agar aroma dari bawang putih lebih sedap, dan untuk mencegahnya supaya tidak cepat gosong.

Bahan satu ini dapat mencegah munculnya kanker, yang dapat diketahui sendiri bahwa kanker merupakan penyakit yang berbahaya. Senyawa yang terkandung pada bawang putih, akan memperlambat pertumbuhan dari sel kanker itu sendiri.

  1. Cabai

Selanjutnya ada salah satu bahan yang sering digunakan dalam bumbu masak, terutama untuk menambah tingkat pedas dari masakan. Ya, cabai bisa digunakan dengan cara dihaluskan atau diiris tipis agar bentuknya masih terlihat.

Selain dapat menambah kepedasan suatu masakan, cabai ini juga dapat dijadikan bahan pewarna alami. Yang paling sering digunakan untuk pewarna masakan adalah cabai merah besar dengan warna merah merona yang akan dihasilkan.

  1. Rempah biji-bijian

Tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia dengan masakan lezat yang dibuat dengan rempah alami beraroma kuat. Rempah biji-bijian terdiri dari pala, ketumbar, merica dan masih banyak lagi. Beragam rempah tersebut, dapat anda beli dengan mudah melalui website tanihub.com.

Inovasi bumbu masak bubuk dari rempah biji-bijian ini, dapat anda gunakan sebagai ganti saat sedang malas untuk menghaluskannya. Dengan cara yang semakin mudah, semangat anda akan bertambah untuk memasak berbagai olahan lezat dengan rempah tradisional.

  1. Bawang merah

Hampir mirip dengan bawang putih, bawang merah sendiri mempunyai manfaat untuk menambah rasa hangat pada suatu masakan. Kandungan antioksida dari bahan ini, dapat membantu menjaga kekebalan dan imunitas tubuh.

Oleh karena itu, rata-rata olahan di Indonesia menggunakan bahan yang satu ini karena manfaatnya yang beragam. Cara menggunakannya untuk bahan campuran bumbu cukup mudah, tinggal menghaluskan dengan cobek atau chooper dan dicampur dengan bahan lain.

  1. Penyedap rasa

Pada urutan yang terakhir, ada penyedap rasa yang penting dan wajib keberadaanya pada berbagai jenis olahan. Kali ini bukan bahan penyedap rasa instan yang dapat dengan mudah anda beli di warung, namun penyedap rasa dari campuran gula dan garam.

Takaran yang digunakan adalah 1:1, dengan cara ini anda dapat membuat penyedap rasa sendiri untuk tambahan pada bumbu masak. Bahan ini tentu akan lebih sehat daripada bahan lain yang dijual dengan menggunakan kemasan plastik.

Cara ini juga dapat menghemat biaya anda untuk pengeluaran bahan dapur. Bahkan penyedap rasa buatan sendiri ini bisa bertahan hingga beberapa bulan.

Itulah bumbu masak tambahan yang wajib anda gunakan untuk menghasilkan masakan yang lebih lezat. Berbagai macam bumbu tersebut, dapat anda pesan melalui tanihub.com. Pengiriman dapat dilakukan hingga seluruh Indonesia, jadi mulailah berbelanja di website tersebut.

By narasi