Di jaman sekarang ini sudah banyak hunian menggunakan fasad dari Semen SCG sebagai eksterior. Keberadaannya mempunyai fungsi tersendiri pada bangunan. Fasad merupakan bagian eksterior bangunan, khususnya di bagian depan hunian. Yuk, ketahui apa saja fungsi fasad pada bangunan ini!

Apa Itu Fasad?

Fasad merupakan istilah yang berasal dari bahasa Prancis “façade”, bahasa Italia “Faccita atau faccia”, dan bahasa Latin “Faccia” yang artinya adalah wajah. Sebagai komponen konstruksi, fasad berarti wajah dari bangunan atau tampilan muka dari desain eksteriornya.

Meski pada beberapa bangunan, Anda dapat menemukan fasad di bagian belakang maupun samping. Dalam pembuatannya, fasad ini memperhatikan aspek komposisi dan juga syarat fungsionalnya.

Secara visual, adapun komposisi fasad ini terdiri dalam bentuk geometri seperti menggunakan garis, sisi, sudut, dan bidang, serta tekstur dan bidang void. Fasad itu sendiri terdiri dari beberapa komponen utama. Komponen utama fasad tersebut di antaranya adalah bagian pintu, jendela, dinding, teritisan, dan ada juga sun shading.

Inilah Berbagai Fungsi Fasad pada Hunian

Fasad menjadi salah satu komponen penting yang tidak boleh Anda abaikan ketika ingin memiliki hunian yang unik dan estetik. Ini beberapa fungsi fasad untuk hunian.

1. Memberikan Nilai Estetik dan Komersil Bangunan

Sesuai tempat pemasangannya, fasad menjadi komponen yang pertama kali dilihat dari sebuah bangunan. Keberadaan fasad ini akan memberikan penilaian terhadap eksterior depan dari bangunan dan menjadi ciri khasnya.

Komponen ini juga menjadi aspek dalam pemberian nilai komersial atas sebuah rumah. Sehingga ketika pemilik akan menjual rumahnya, biasanya calon pembeli akan melihat bagaimana tampilan fasad bangunan. Hal ini tidak hanya berlaku untuk rumah saja, tetapi juga hotel, kantor apartemen dan bangunan lain.

2. Mengikuti Gaya Arsitektur untuk Tampilan Eksterior

Fasad rumah memiliki fungsi dalam mengikuti atau menunjukkan gaya dari suatu arsitektur bangunan  Penggunaaan komponen ini akan menunjukkan ciri atau identitas dari gaya arsitektur bangunan.

Fasad menjadi point of interest yang menggambarkan identitas dari suatu karya arsitektur melalui desain rumah fasad. Bahkan, tampilannya mampu mempresentasikan seperti apa keunikan dari gaya arsitekturnya.

3. Mempresentasikan Tata Ruang Bangunan

Fungsi lain dari fasad rumah adalah mampu mencerminkan tata ruang suatu bangunan. Seringkali saat proses perancangan bagian ini, arsitek dan kontraktor akan membuatnya sesuai standar. Adapun standarisasi ini berkaitan dengan aspek keamanan, keselamatan, kesehatan, juga kenyamanan dari setiap penghuni rumah.

4. Memberikan Ketahanan Supaya Tetap Awet

Banyak rumah baru sekarang ini menggunakan fasad karena berbagai hal, termasuk fungsi ketahanannya. Komponen ini mampu membantu dalam menjaga hunian supaya tetap awet untuk jangka waktu yang lama.

Hal ini dikarenakan dalam pembuatannya, fasad biasanya menggunakan bahan bangunan berkualitas dan memiliki ketahanan dari berbagai perubahan cuaca. Bukan itu saja, tetapi penggunaan fasad juga memiliki fungsi lain dari keberadaannya sebagai komponen rumah.

Diantaranya saja mampu melindungi penghuni rumah dari potensi ancaman binatang maupun cuaca ekstrim serta menjadi komponen rumah dengan sumber pencahayaan yang baik. Melihat hal ini, maka tentu saja pembuatannya haruslah memperhatikan kualitas bahan material yang digunakan.

Semen PCC dan OPC menjadi rekomendasi produk material berkualitas untuk pembuatan fasad rumah Anda. Keunggulan semen SCG OPC adalah dibuat dengan formula khusus yang membuatnya mudah untuk diaplikasikan untuk berbagai pekerjaan konstruksi yang memerlukan kekuatan tinggi

Sedangkan untuk keunggulan semen SCG PCC adalah menggunakan formula khusus dengan tekstur semen yang lebih halus, memiliki daya rekat tinggi, serta rendah penyusutan. Hal ini akan mempersingkat waktu pengerjaan dalam pembuatan acian dan plester. Jadi untuk Anda yang ingin membuat fasad berkualitas, produk SCG bisa jadi rekomendasi!