Wed. Jul 28th, 2021

Tahukah Anda, bahwa cara memasak sayuran sangat mempengaruhi kadar gizi yang ada di dalamnya? Jika menggunakan cara yang salah, bisa-bisa Anda hanya akan mendapatkan sedikit nutrisi padahal harusnya bisa lebih.

Makanya, tidak semua cara memasak bisa diterapkan pada sayur. Walaupun Anda ingin menggunakan cara masak tertentu, pastikan langkahnya benar, sehingga sayur yang dikonsumsi tetap memiliki kandungan gizi

5 Cara Memasak Sayuran yang Benar

Ada yang bilang kalau merebus atau menggoreng sayur akan menghilangkan banyak kandungan gizinya. Sebenarnya, selama Anda melakukannya dengan cara yang benar, maka nutrisi terbaik sayur akan tetap didapatkan.

1. Goreng

Beberapa jenis sayuran lebih enak ketika diolah dengan cara digoreng, tapi memang Anda perlu trik yang tepat saat menggoreng. Di antaranya, tidak usah menggoreng terlalu lama dan pastikan menggoreng saat minyak sudah panas.

Dengan begitu, maka sayuran tidak terlalu banyak menyerap minyak. Alhasil sayur tetap mengandung vitamin, mineral, dan lainnya, walaupun beberapa di antaranya akan berkurang jumlahnya.

2. Panggang/Bakar

Cara ini, memiliki kemampuan mempertahankan gizi pada berbagai jenis sayur. Selama proses memasak alat seperti microwave, hanya akan membuat molekul air pada sayur menjadi panas. Jadi, tak perlu tambahan air yang bisa menyebabkan gizi berkurang.

Untuk lebih menjaga kandungan gizinya, Anda bisa membuat potongan sayuran yang besarnya sama agar matangnya juga sempurna. Kemudian untuk lama pemanggangan hanya berkisar beberapa menit saja.

Jangan lupa untuk menempatkan sayuran di atas piring tahan panas, fungsinya adalah menjaga kondisi sayur tetap utuh termasuk kandungannya tidak tumpah.

3. Rebus

Memang tidak disarankan, merebus sayuran dalam waktu lama karena akan melarutkan nutrisi pada sayuran dalam jumlah banyak. Bahkan, bisa saja nutrisi larut dalam air rebusan dan tidak maksimal lagi fungsinya saat dikonsumsi.

Tapi, Anda tetap bisa memaksimalkan nutrisi dengan menambahkan bahan lain yang memiliki nutrisi. Seperti rempah-rempah dan bahan pelengkap contohnya, wortel diberi kentang untuk membuat sayur sop.

Selain itu, membuat potongan sayur yang lebih besar, juga akan membantu memaksimalkan kadar nutrisinya. Pastinya, ukuran yang lebih besar akan mengandung nutrisi lebih banyak, bukan?

Makanya, walaupun ada nutrisi yang hilang akan tetap ada nutrisi yang tersisa dan siap untuk diserap oleh tubuh.

4. Tumis

Jika Anda ingin mendapatkan rasa sayur yang lezat dan kandungan gizi yang lebih maksimal, bisa menggunakan cara menumis.

Apalagi, jika ditambah dengan penggunaan sedikit minyak zaitun yang terkenal dengan berbagai nutrisi penting untuk kesehatan yang dikandungnya.

Proses menumis bisa dilakukan, dengan memastikan minyak zaitun masuk dengan menggunakan api besar. Supaya minyak cepat panas dan proses menumis jadi lebih cepat.

Fungsi minyak zaitun juga sangat penting, yaitu membantu tubuh untuk menyerap lebih banyak nutrisi dari sayuran yang diolah.

5. Kukus

Dari sejumlah cara sebelumnya, kukus adalah cara yang disebut paling tepat ketika Anda ingin menjaga kandungan gizi sayur. Pada proses ini, sayuran tidak akan berhubungan langsung dengan air dan prosesnya melalui penguapan yang membuat sayur empuk.

Selain itu, mengukus bisa menggunakan banyak alat yang mampu menjaga kualitas sayur dan mempersingkat waktu matangnya sayur.

Tinggal Anda yang memilih, mau pakai cara memasak yang mana. Masing-masing bisa dipakai dengan trik yang benar, supaya sayuran tetap bisa dikonsumsi dengan kandungan gizi terbaik.

Mau beli sayur segar dengan kualitas terbaik, supaya bisa dimasak dengan cara favorit Anda? Yuk cari produknya di TaniHub. TaniHub merupakan platform perdagangan elektronik (e-commerce) untuk produk-produk pertanian. Dengan aplikasi TaniHub, konsumen bisa memesan buah, sayur, bumbu, telur & unggas, ikan, kebutuhan masak hingga sembako tanpa harus pergi ke pasar. Cukup buka smartphone kemudian download TaniHub dan Anda pun dapat langsung berbelanja dengan mudah.

By narasi