Tips Penggunaan Kartu Kredit yang Bijak

Salah satu instrumen atau metode pembayaran yang banyak digunakan oleh masyarakat adalah dengan menggunakan kartu kredit. Singkatnya, dengan kartu kredit masyarakat dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari lalu membayarnya di kemudian hari.

Sistem tersebut tentu sangat membantu apalagi jika sedang dalam kondisi keuangan yang lemah. Walau menguntungkan, menggunakan kartu kredit secara sembarangan justru dapat merugikan. 

Karena mudah digunakan serta tidak mengurangi saldo di hari itu, belanja menggunakan kartu kredit secara sembrono jelas berbahaya untuk kondisi finansial Anda, apalagi jika tidak memperhatikan bunga kartu kredit.

Dengan begitu, Anda harus menggunakan kartu kredit secara bijak dan hati-hati agar tetap dapat belanja dengan tenang. Berikut ini cara menggunakan kartu kredit dengan bijak.

Cara-cara yang Bijak Menggunakan Kartu Kredit

  • Memilih Bank dan Kartu Kredit

Langkah pertama yang perlu diperhatikan adalah saat memilih bank dan jenis kartu kredit. Masing-masing bank memiliki besaran bunga, limit, serta fasilitas yang berbeda-beda. Sebaiknya, pilih kartu kredit sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Salah satu tujuan menggunakan kartu kredit adalah untuk membeli keinginan atau kebutuhan sehari-hari. Maka, Anda bisa memilih kartu kredit dengan bunga dan limit yang kecil, serta dilengkapi dengan fasilitas seperti cashback untuk Anda.

  • Perhatikan Limit Anda!

Menggunakan kartu kredit memang dapat membantu Anda terselamatkan dari saldo yang tipis di akhir bulan. Sebagai gantinya, Anda perlu bersiap-siap membayar kredit dan bunga di awal bulan. Agar tidak terlalu besar, hindari belanja menggunakan kartu kredit hingga melewati limit kartu kredit.

Jika melewati batas limit atau over limit, maka siap-siap membayar denda saat membayar tagihan kartu kredit. Selalu perhatikan jumlah belanjaan dan sisa limit kartu kredit Anda.

  • Membayar Tagihan Tepat Waktu

Saat hari gajian tiba, jangan terlena untuk langsung belanja atau membeli barang impian Anda. Hal yang pertama yang perlu Anda lakukan adalah melunaskan tagihan kartu kredit. Ingat, tagihan kartu kredit memiliki masa tenggang atau jatuh tempo.

Jika tagihan kartu kredit belum dibayar hingga melewati jatuh tempo, maka Anda akan dikenakan denda yang tidak sedikit dan membuat tagihan jadi lebih besar. Anda bisa memanfaatkan fasilitas mobile banking agar dapat langsung membayar tagihan tanpa perlu menunggu jatuh tempo.

  • Batasi Jumlah Kartu Kredit

Hal ini sebenarnya berkaitan dengan poin yang pertama, yaitu paham dengan kondisi serta kemampuan Anda. Sebaiknya, batasi jumlah kartu kredit Anda dengan kemampuan finansial Anda. Jumlah kartu kredit yang terlalu banyak justru akan membuat Anda kesusahan dalam membayar tagihan kreditnya.

  • Aturan Bunga Kartu Kredit                          

Dalam menerapkan bunga kartu kredit, bank akan mengikuti peraturan Bank Indonesia No. 14/2/PBI/20212 yang mengatur tentang mekanisme bunga. Sehingga, pihak bank tidak dapat memberikan beban bunga yang terlampau tinggi kepada nasabah.

Umumnya, kartu kredit di Indonesia memiliki bunga di bawah 2.25%. Jika pemilik kartu kredit membayar tagihan secara penuh sebelum jatuh tempo, maka nasabah tidak akan dikenai bunga. 

Sebaliknya, jika nasabah membayar tagihan setelah jatuh tempo dan tidak melakukan pembayaran secara penuh, maka ada biaya bunga seperti bunga transaksi dan bunga tagihan berjalan.

Gunakan Kartu Kredit Danamon untuk Transaksi Paling Aman

Nah, itu dia penjelasan mengenai cara menggunakan kartu kredit serta aturan bunga kartu kredit. Menggunakan kartu kredit secara bijak justru dapat membantu Anda dalam mengelola finansial secara lebih baik. 

Jika Anda ingin memiliki kartu kredit, maka kartu kredit dari Bank Danamon adalah pilihan yang tepat. Dengan bunga 1.75%, Anda dapat menikmati berbagai keuntungan serta fasilitas, dan juga kemudahan transaksi dari Bank Danamon.