Di masa sulit seperti saat ini, ada banyak pihak yang membutuhkan bantuan untuk tetap bertahan. Beragam cara bisa dilakukan untuk menguatkan satu sama lain, salah satunya adalah dengan berdonasi baik berupa makanan, barang, maupun uang.

Namun, jangan sampai niat baik kamu untuk berbagi justru mengundang petaka karena tidak memperhatikan protokol kesehatan. Nah, di sini kamu akan menemukan beragam tips agar tetap bisa berdonasi secara aman di masa pandemi. Selamat menyimak!

Tips Aman Berdonasi Selama Pandemi

Jika biasanya penggalangan dana dilakukan dengan turun ke jalan hingga berkeliling ke tempat-tempat umum, cara ini tidak lagi berlaku selama masa pandemi. Pasalnya cara tersebut berpotensi melanggar protokol kesehatan sehingga justru memperparah penyebaran virus corona.

Tidak perlu cemas! Berikut ini beberapa tips jitu yang bisa kamu lakukan agar tetap bisa berdonasi selama pandemi.

1. Bantu yang Terdekat

Sebelum melakukan donasi di tempat yang jauh, ada baiknya jika kamu mengecek saudara, tetangga, atau teman di lingkungan sekitar. Cari tahu apakah ada pihak-pihak yang membutuhkan bantuan, terutama bagi mereka yang sedang melakukan isolasi mandiri.

Jangan sampai kamu berdonasi untuk orang jauh tapi justru mengabaikan orang-orang terdekat. Jika kamu sudah memastikan bahwa tidak ada teman atau tetangga yang kekurangan, inilah saatnya untuk berbagi dengan lebih banyak orang di luar sana.

2. Donasi Menggunakan QR Code

Selama masa pandemi, transaksi cashless menjadi solusi efektif untuk meminimalisir penularan virus corona. Dengan metode ini, kamu hanya perlu scan QR code yang tersedia dan dalam sekejap transaksi sudah berhasil dilakukan.

Tidak hanya untuk berbelanja, metode cashless juga berlaku untuk donasi. Dengan cara ini kamu tidak perlu repot-repot mengeluarkan uang tunai dan melakukan kontak dengan orang lain. Pastinya cara ini sangat efektif untuk membuat kamu tetap aman dari virus corona.

3. Membuat Bank Makanan

Selain berdonasi dengan uang, kamu juga bisa memberikan bantuan berupa makanan. Cara ini cukup efektif untuk meringankan beban mereka yang kesulitan untuk membeli makanan, baik karena kekurangan dana atau keterbatasan mobilitas karena isolasi mandiri.

Berdonasi dengan bank makanan sudah banyak diterapkan, tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di luar negeri. Untuk berdonasi dengan cara ini, kamu bisa membuat tempat khusus untuk meletakkan makanan. Jangan lupa ajak orang-orang sekitar untuk turut mengisi bank makanan tersebut.

4. Berdonasi Online

Buat kamu yang anti ribet, cara yang satu ini bisa jadi pilihan tepat. Berdonasi secara online sangat mudah dan praktis karena bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Bahkan kamu tidak perlu meninggalkan rumah untuk berkontribusi selama masa pandemi ini.

Namun, pastikan platform crowdfunding yang kamu pilih untuk berdonasi adalah platform yang kredibel dan terpercaya. Sebaiknya lakukan cek dan ricek mengenai rekam jejak platform tersebut agar niat baik kamu tidak berakhir sia-sia.

WeCare.id, Solusi Donasi Online Masa Kini

Nah, buat kamu yang memilih untuk berdonasi secara online tapi masih bingung menentukan platform crowdfunding yang kredibel dan terpercaya, rekomendasi berikut ini layak untuk kamu pertimbangkan.

WeCare.id adalah platform crowdfunding yang bergerak dalam bidang kesehatan. Platform ini membantu pasien kurang mampu yang membutuhkan bantuan finansial agar dapat segera mendapatkan pengobatan yang memadai.

Kredibilitas WeCare.id sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Demi menjaga kepercayaan masyarakat, pengelolaan keuangan dilakukan secara transparan dan dapat dipantau secara langsung. Kamu bisa mengunjungi website resmi WeCare untuk melihat laporan penggunaan donasi.

Selain membantu orang-orang yang sedang sakit, WeCare.id juga menggalakkan program donasi corona melalui kampanye Indonesia Darurat Corona. Kampanye ini merupakan bentuk dukungan kepada tenaga kesehatan.

Tenaga medis yang melakukan kontak langsung dengan pasien positif COVID-19 membutuhkan perlindungan maksimal agar tidak terpapar. Sayangnya, kasus positif yang semakin tinggi membuat banyak rumah sakit kekurangan alat pelindung diri.

Donasi yang terkumpul digunakan untuk menyediakan alat pelindung diri bagi tenaga medis yang berjuang sebagai ujung tombak perlawanan terhadap virus COVID-19. APD tersebut meliputi sarung tangan medis, masker N95, dan masker bedah yang memadai.

Cara Berdonasi Online Melalui WeCare.id

Jika kamu ingin ikut serta dan berkontribusi melawan pandemi COVID-19, segera salurkan donasi kamu melalui WeCare.id. Caranya sangat mudah dan bisa dilakukan dari mana saja. Berikut ini poin-poin penting yang perlu diperhatikan.

1. Akses situs WeCare.id

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengakses situs https://wecare.id/apdcorona. Di halaman ini kamu bisa melihat informasi lengkap seputar program donasi COVID yang sedang digalakkan oleh platform WeCare.id.

Di sini pula kamu bisa menemukan perkembangan kampanye dan rincian dana. Bahkan kamu juga memiliki kesempatan untuk menjadi fundraiser sehingga bisa menyalurkan donasi lebih banyak untuk tenaga medis di Indonesia.

2. Mulai Donasi

Untuk mulai berdonasi, pilih tombol Donasikan berwarna merah di halaman tersebut. Selanjutnya kamu akan diarahkan untuk memilih nominal yang ingin disalurkan. Kamu juga bisa memilih tombol Lainnya dan mengisikan nominal sesuai keinginan.

3. Masukkan Identitas Diri

Masukkan identitas kamu berupa nama, alamat email, serta nomor telepon. Pastikan nomor telepon dan alamat email kamu masih aktif.

4. Tentukan Metode Pembayaran

Langkah terakhir yang perlu kamu lakukan adalah memilih metode pembayaran. Kamu bisa transfer melalui bank atau menggunakan dompet digital dan pilih Bayar untuk mengakhiri proses. Dalam sekejap, donasi kamu akan dan terkumpul bersama donasi lainnya.

Indonesia butuh kita! Yuk bahu membahu atasi pandemi COVID-19 dengan menyisihkan sebagian rezeki untuk pengadaan APD bagi tenaga medis yang bertugas. Salurkan donasi corona melalui WeCare.id dan tunjukkan kepedulian kita terhadap negeri!